Apa Saja Fungsi Kalium ( Potassium ) Bagi Kesehatan Tubuh ?

Ingin melangsingkan tubuh dengan cara alami ? CaraAlamiMelangsingkanTubuh.com adalah solusinya … Disini Anda akan mendapatkan berbagai info dan tips terbaik melangsingkan tubuh secara alami dan cepat …

Apa Saja Fungsi Kalium ( Potassium ) Bagi Kesehatan Tubuh ?

Apa Saja Fungsi Kalium ( Potassium ) Bagi Kesehatan Tubuh ?

Fungsi kalium ( potasium ) bagi tubuh – Kalium adalah satu dari tujuh makromineral esensial diantara kalsium, magnesium, fosfor, natrium, klorida, dan belerang. Ini merupakan mineral paling banyak ketiga dalam tubuh manusia dan merupakan unsur kuat dalam meningkatkan kesehatan.

Selain bertindak sebagai elektrolit, mineral ini diperlukan untuk menjaga jantung, otak, ginjal, jaringan otot dan sistem organ tubuh penting lainnya. Fungsi utama potassium dalam tubuh termasuk mengatur keseimbangan cairan dan mengendalikan aktivitas listrik jantung dan otot lainnya.

Lalu, apa saja fungsi kalium ( potasium ) bagi tubuh ?

Stroke. Kalium memainkan peran penting dalam menjaga fungsi otak pada tingkat normal. Tingkat potasium yang tinggi memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai otak, sehingga merangsang aktivitas saraf dan meningkatkan fungsi kognitif. Manfaat ini sangat penting untuk mencegah terjadinya stroke.

Karena berfungsi sebagai vasodilator, pembuluh darah mengendur di seluruh tubuh saat jumlah potassium ( kalium ) yang tepat dikonsumsi. Ini berarti darah mengalir lebih leluasa, dan cenderung tidak menggumpal dan pecah menyebabkan stroke.

Gula darah rendah. Penurunan kadar potassium menyebabkan penurunan gula darah. Penurunan gula darah bisa menyebabkan berbagai kondisi seperti sakit kepala, lemas, gemetar dan gugup. Asupan kalium juga banyak direkomendasikan bagi penderita diabetes, hal ini karena kalium dapat mengurangi kemungkinan lonjakan kadar glukosa dan insulin dengan menstabilkan kadar gula darah ke seluruh tubuh.

Gangguan otot. Kalium memainkan peran penting dalam kontraksi otot secara teratur. Konsentrasi kalium yang cukup diperlukan untuk kontraksi dan relaksasi otot secara teratur. Sebagian besar ion kalium di tubuh manusia berada di sel otot. Ini mempertahankan fungsi otot dan saraf yang optimal, dan membantu menjaga refleks dengan cepat karena merangsang konektivitas saraf otot dan otak.

Kram. Kram otot adalah gangguan yang terjadi sebagai akibat dari kekurangan kadar potassium dalam darah, suatu kondisi yang disebut hipokalemia. Nah untuk mencegah gangguan ini, Anda bisa mengkonsumsi buah pisang yang mengandung kalium.

Kesehatan tulang. Manfaat kalium bahkan dapat memperbaiki kesehatan tulang. Ada beberapa fungsi kalium yang bisa menetralisir berbagai asam di seluruh tubuh yang mempertahankan kalsium. Selanjutnya, sebuah studi di Pusat Informasi Micronutrient Linus Pauling Institute mengklaim bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kadar kalium tinggi menghasilkan kepadatan mineral yang lebih tinggi pada tulang, memperkuat dan memperpanjang umur tulang Anda.

Tekanan darah. Kalium sangat membantu dalam membalikkan peran sodium dalam tekanan darah normal yang tidak seimbang. Dengan demikian, ia bertindak sebagai komponen vital yang menjaga normalitas tekanan darah dalam tubuh manusia. Hal ini semakin mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi. Seperti disebutkan sebelumnya, kalium memiliki sifat vasodilatasi yang bekerja untuk meringankan ketegangan pembuluh darah, yang merupakan salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi.

Kekuatan otot. Salah satu manfaat potasium yang paling berguna adalah perannya dalam memastikan pertumbuhan jaringan otot yang tepat dan pemanfaatan energi yang tepat yang dilepaskan selama metabolisme , yang menambah kekuatan otot secara signifikan.

Metabolisme. Kalium membantu dalam pengolahan metabolik berbagai nutrisi seperti lemak dan karbohidrat. Dengan demikian, potasium sangat berharga dalam mengekstrak energi dari nutrisi yang dikonsumsi. Studi telah menunjukkan bahwa potasium juga merupakan bagian integral dalam sintesis protein , yang memiliki dampak regenerasi jaringan, pertumbuhan sel, dan metabolisme seimbang secara keseluruhan.

Kecemasan dan stres. Kalium sangat penting bagi orang yang menderita keadaan mental yang tidak diinginkan seperti kegelisahan dan stres. Hal ini dianggap sebagai buster stres yang kuat dan oleh karena itu menjamin kinerja mental tubuh manusia yang efisien. Kalium dapat membantu mengatur berbagai hormon dalam tubuh Anda, termasuk hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Gangguan hati dan ginjal. Manfaat kesehatan potasium memastikan kesehatan jantung dan ginjal. Ini memainkan peran tak tergantikan dalam mengatur fungsi metabolisme dan menjaga agar jantung dan ginjal berjalan lancar. Selain itu, mineral ini membantu ginjal dalam membuang limbah melalui proses ekskresi.

Elektrolit. Kalium juga merupakan elektrolit yang hebat dalam tubuh manusia. Ini membantu dalam mengatur tingkat cairan dalam tubuh dan dengan demikian membantu sejumlah fungsi tubuh. Selanjutnya, elektrolit membantu mengirimkan muatan listrik ke seluruh tubuh dari otak dan sistem saraf, sehingga elektrolit ekstra membuat semuanya berfungsi lebih cepat dan lebih efisien di tubuh.

Anda bisa mendapatkan asupan kalium dari beberapa makanan seperti pisang, alpukat, semangka, kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang tanah, buah sitrus, sayuran hijau, susu dan kentang.

Sumber : https://www.organicfacts.net/health-benefits/minerals/health-benefits-of-potassium.html

Itulah beberapa fungsi kalium bagi tubuh. Semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Vitamin A Untuk kesehatan tubuh

10 Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Menyeluruh

Posted by Cara Alami Melangsingkan Tubuh

Apa Saja Fungsi Kalium ( Potassium ) Bagi Kesehatan Tubuh ?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *