1001 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui !!!

1001 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui !!!

1001 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui !!!

Manfaat buah apel – Buah apel ? Sepertinya takan pernah habis jika berbicara tentang berbagai manafaat dari jenis buah manis satu ini. Buah apel telah dikenal sejak ratusan tahun lalu di beberapa negera karena rasanya yang manis dan tentunya memiliki segudang khasiat untuk tubuh.

Buah apel diketahui sangat kaya akan antioksidan penting, flavanoid, dan serat makanan yang dapat membantu mengurangi risiko pengembangan kanker, hipertensi, diabetes dan penyakit jantung serta berbagai jenis penyakit lainnya.

Selain manfaat tersebut, berikut ini 1001 manfaat yang bisa Anda dapatkan jika sering mengkonsumsi buah apel, termasuk :

Gigi lebih putih dan lebih sehat. Konsumsi buah apel ternyata dapat membantu menjaga ksehatan gigi Anda lohhh. Menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur di mulut Anda, mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri.

Mencegah alzheimer. Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel dapat mencegah Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus dalam penelitian yang diberi makan makanan yang disempurnakan dengan apel menunjukkan kadar asetilkolin neurotransmiter yang lebih tinggi dan lebih baik dalam tes labirin daripada diet reguler.

Melindungi terhadap parkinson. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang makan buah dan makanan berserat tinggi seperti buah apel mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson, sebuah penyakit yang ditandai dengan pemecahan sel-sel saraf penghasil dopamin otak. Para ilmuwan telah menghubungkan ini dengan kekuatan antioksidan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Mengurangi risiko terkena kanker. Ilmuwan dari American Association for Cancer Research antara lain sepakat bahwa konsumsi apel kaya flavonol dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen.

Periset di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa – triterpenoid – dalam kulit apel yang memiliki aktivitas anti-pertumbuhan yang poten terhadap sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari keseluruhan apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

Mengurangi risiko diabetes. Wanita yang makan setidaknya satu buah apel sehari 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2 daripada mereka yang tidak makan apel. Apel dipenuhi serat larut, kunci untuk menumpulkan gula darah.

Mengurangi kolesterol. Salah satu alasannya adalah apel mengandung serat larut, yang merupakan jenis yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda yang menjadikannya mekanisme pertahanan kuat melawan penyakit kardiovaskular.

Menjaga lambung. Apel adalah sumber kalsium, magnesium, dan potassium yang baik. Beberapa orang mengatakan makan apel setelah makan membantu meringankan penyakit asam lambung.

Menjaga kesehatan jantung. Apel dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Apel mempromosikan kesehatan jantung dengan beberapa cara. Mereka kaya akan serat larut, yang membantu menurunkan kolesterol. Mereka juga memiliki polifenol, yang terkait dengan penurunan tekanan darah dan risiko stroke.

Mencegah batu empedu. Batu empedu terbentuk bila ada terlalu banyak kolesterol di empedu. Untuk mencegah batu empedu, dokter biasanya menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dan kolesterol Anda. Buah apel disini berperan sebagai buah yang mengandung serat tinggi.

Membantu melancarkan pencernaan. Seperti yang telah banyak disinggung diatas, buah apel adalah jenis buah yang mengandung serat tinggi, serat disini yang ditemukan di apel bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan konstipasi.

Menetralisir sindrom iritasi usus besar. Sindrom iritasi usus besar ditandai dengan konstipasi , diare, dan sakit perut dan kembung. Untuk mengendalikan gejala ini, dokter menyarankan untuk menjauh dari makanan olahan susu dan berlemak sambil memasukkan asupan serat dalam makanan Anda secara tinggi.

Mengontrol berat badan. Banyak masalah kesehatan terkait dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan sleep apnea. Untuk mengatur berat badan dan memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter merekomendasikan diet kaya serat, tentunya makanan kaya serta dapat Anda temukan dalam buah apel.

Detoks liver. Apel kaya akan pektin, serat larut yang membantu mengeluarkan racun dan kolesterol dari darah, yang membantu hati Anda dalam jumlah besar. Mereka juga kaya akan asam malat, nutrisi pembersih alami yang menghilangkan karsinogen dan racun lainnya dari darah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda , terutama saat Anda stres.

Meningkatkan kesehatan mata. Apel diyakini membuat mata lebih kuat dan memperbaiki penglihatan . Mereka juga membantu dalam mengobati rabun senja. Sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa apel kaya akan senyawa flavonoid dan fitonutrien antioksidan, yang dapat mengurangi dampak radikal bebas pada mata, sekaligus mencegah kondisi seperti degenerasi makula, katarak, dan glaukoma.

Membantu menurunkan berat badan. Buah apel memiliki kemampuan lain yang tidak dapat dijelaskan untuk membantu tujuan penurunan berat badan. Studi telah menunjukkan bahwa apel benar-benar dapat mempercepat metabolisme kita sehingga tambahan kalori yang dikonsumsi tidak banyak disimpan oleh tubuh kita.

Menjaga kesehatan kulit. Apel bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan meningkatkan asupan vitamin C Anda, atau asam askorbat. Vitamin C membantu Anda membuat kolagen, protein yang ditemukan melimpah di kulit. Kolagen adalah komponen struktural yang penting dari kulit. Vitamin C adalah antioksidan kuat, yang mengurangi kerusakan radikal bebas pada sel kulit Anda yang disebabkan oleh polusi atau paparan sinar matahari berlebih.

Rematik. Sejumlah besar senyawa flavonoid yang ditemukan di apel membantu dalam proses penyembuhan rematik. Senyawa flavonoid seperti kaempferol, kuersetin, dan myricetin pada buah apel telah dikaitkan dengan pengurangan kondisi rheumatoid, dan kondisi inflamasi seperti artritis dan asam urat.

Anemia. Apel berguna dalam mengobati anemia karena apel kaya sumber zat besi. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, Anda tidak hanya mencegah anemia tetapi juga memastikan oksigenasi yang tepat dari sistem organ penting agar tetap berfungsi dengan baik.

Melawan asma. Apel kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif. Kulit apel mengandung flavonoid yang disebut quercetin , yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan . Ini adalah dua cara yang mempengaruhi asma dan reaksi alergi.

Kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa apel, secara khusus, dapat secara positif mempengaruhi kesehatan tulang. Senyawa antioksidan dan anti-inflamasi pada buah apel dapat meningkatkan kesehatan tulang, dan memakan buah dapat membantu mempertahankan massa tulang seiring bertambahnya usia.

Sumber :

  • http://www.livestrong.com/article/30092-cure-acid-reflux-apples/
  • http://www.besthealthmag.ca/best-eats/nutrition/15-health-benefits-of-eating-apples/
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-apple.html

Baca juga artikel lainnya :

1001 manfaat yoghurt yang wajib Anda ketahui

Manfaat daun jati belanda untuk menurunkan berat badan

Posted by Cara Alami Melangsingkan Tubuh

1001 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui !!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *