10 Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Menyeluruh

Ingin melangsingkan tubuh dengan cara alami ? CaraAlamiMelangsingkanTubuh.com adalah solusinya … Disini Anda akan mendapatkan berbagai info dan tips terbaik melangsingkan tubuh secara alami dan cepat …

10 Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Menyeluruh

10 Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Menyeluruh

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan – Setelah pada artikel sebelumnya pernah kami bahas tentang khasiat & manfaat dari vitamin a, nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas manfaat jenis vitamin lain yaitu vitamin D.

Vitamin d umumnya dikenal karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tulang dengan mendukung tingkat penyerapan mineral kalsium dan fosfor dari makanan yang Anda makan, yang penting bagi kesehatan tulang.

Sumber yang baik dari vitamin D ialah sinar matahari. Hanya 10 sampai 15 menit paparan tanpa tabir surya beberapa kali dalam seminggu biasanya memberi Anda cukup vitamin D. Vitamin D juga secara alami ditemukan dalam mentega, telur, dan ikan seperti salmon, tuna dan mackerel. Vitamin D sering ditambahkan ke makanan yang diperkaya juga, seperti susu dan sereal.

Selain manfaatnya yang dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan tulang, vitamin D juga ternyata memiliki kesehatan lainnya, seperti :

Mengurangi resiko diabetes. Diabetes adalah kelainan di mana tubuh Anda tidak dapat mengolah karbohidrat dengan normal. Menariknya, vitamin D dapat membantu mengurangi risiko kedua jenis diabetes tersebut.

Meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin D dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Risiko tertinggi terlihat pada individu dengan kadar vitamin D rendah yang juga memiliki tekanan darah tinggi.

Menurunkan resiko kanker tertentu. Mempertahankan kadar vitamin D yang memadai mungkin memiliki beberapa manfaat untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukan bahwa seseorang yang memiliki cukup asupan vitamin D memiliki resiko lebih rendah terserang jenis kanker tertentu. Laporan terakhir menjelaskan bahwa mereka yang memiliki asupan memadai vitamin D memiliki resiko 25% lebih rendah terkena kanker kandung kemih.

Mengurangi resiko kematian dini. Beberapa penelitian menggambarkan hubungan yang sangat konsisten antara tingkat vitamin D dalam darah dan resiko kematian dini. Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D berisiko 6% lebih rendah mengalami kematian dini.

Meminimalisir gejala depresi. Para peneliti menemukan bahwa vitamin D berpengaruh pada depresi. Satu teori menunjukan bahwa hal itu meningkatkan jumlah serotonin di otak yang merupakan kontributor yang diketahui dapat meningkatkan perasaaan bahagia. Sebuah laporan baru-baru ini melaporkan bahwa tingkat vitamin D yang rendap dapat meningkatkan depresi hingga 131 %. Intinya Vitamin D dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala depresi, terutama pada individu dengan gejala kuat.

Meningkatkan kekuatan otot. Studi terbaru menunjukkan hubungan antara vitamin D, pertumbuhan dan kekuatan otot, baik pada orang dewasa maupun orang tua. Ditemukan bahwa mereka yang diberi suplemen vitamin D meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan bawah. Demikian pula, beberapa penelitian meneliti bagaimana vitamin D mempengaruhi kekuatan otot, risiko terjatuh dan lemah pada lansia. Sebagian besar ditemukan bahwa penambahan menyebabkan peningkatan kekuatan otot.

Membantu mencegah dan mengobati multiple sclerosis. Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang melibatkan otak, sumsum tulang belakang dan saraf optik mata. Studi tertentu menunjukkan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang cukup dapat membantu menurunkan risiko MS hingga 62%.

Mengurangi asma. Dosis harian 7,5-30 mcg (300-1,200 IU) dapat mengurangi kemungkinan serangan asma pada anak usia sekolah.

Pencegahan flu biasa. Mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian Italia yang dipimpin oleh Luisella Vigna dari Universitas Milan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko komplikasi obesitas dan obesitas yang lebih tinggi.

Laman authoritynutrition.com juga menyebutkan bahwa beberapa bukti menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin D dapat meningkatkan penurunan berat badan dan menurunkan lemak tubuh. Sementara itu, asupan vitamin D dan kalsium juga yang lebih tinggi dapat meningkatkan penurunan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan yang berdiet, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada “American Journal of Clinical Nutrition” November 2010.

Sumber : https://authoritynutrition.com/benefits-of-vitamin-d/

Itulah 9 manfaat vitamin D untuk kesehatan. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Vitamin A Untuk kesehatan tubuh

Posted Cara Alami Melangsingkan Tubuh

10 Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Menyeluruh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *